PERBANDINGAN PERHITUNGAN DEPRESIASI AKTIVA TETAP MENGGUNAKAN METODE GARIS LURUS DAN METODE SALDO MENURUN (Studi kasus Pada PT Madubaru Yogyakarta)

Batyanan, Yana Fera (2017) PERBANDINGAN PERHITUNGAN DEPRESIASI AKTIVA TETAP MENGGUNAKAN METODE GARIS LURUS DAN METODE SALDO MENURUN (Studi kasus Pada PT Madubaru Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
cover.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)

Abstract

PT Madubaru PG/PS Madukismo Yogyakarta merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang AgroIndustri. Dalam menjalankan tugasnya membutuhkan ketersediaan aktiva tetap, baik aktiva tetap bergerak maupun aktiva tetap tidak bergerak. Dalam penulisan ini, penulis mencoba untuk melakukan perhitungan depresiasi terhadap aktiva bergerak dan tidak bergerak yang dimiliki oleh perusahaan yaitu kendaraan, komputer, dan mesin untuk operasi perusahaan. Adapun metode depresiasi yang diterapkan adalah metode garis lurus dan metode saldo menurun. Hasil perhitungan depresiasi aktiva tetap bergerak maupun tidak bergerak menggunakan metode garis lurus memberikan dampak besarnya biaya depresiasi yang sama selama periode depresiasi, Sedangkan perhitungan depresiasi aktiva tetap menggunakan metode saldo menurun pada tahun – tahun awal depresiasi memiliki beban depresiasi yang besar, dan semakin menurun sampai dengan akhir periode depresiasi. Perhitungan depresiasi aktiva tetap dengan menggunakan metode garis lurus, pada akhir masa manfaat tidak terdapat nilai residu atau nilai residunya nihil, sedangkan apabila menggunakan metode saldo menurun, pada akhir masa manfaat masih terdapat nilai residu. Diantara kedua metode perhitungan depresiasi yang dibahas dalam penulisan ini, metode saldo menurun memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk memperoleh laba yang lebih besar jika dibandingkan dengan metode garis lurus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Mushawir, SE., MM
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:13
Last Modified: 10 Aug 2017 03:13
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/184

Actions (login required)

View Item View Item