Hernawati, Tuti (2018) PELATIHAN EFIKASI DIRI AKADEMIK UNTUK MENURUNKAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XI SMAN 4 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (198kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
|
![]() |
Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text
TESIS FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan efikasi diri akademik terhadap penurunan perilaku menyontek siswa. Hipotesis yang diajukan yaitu pelatihan efikasi diri akademik dapat menurunkan perilaku menyontek siswa. Subjek penelitian sebanyak 30 orang dengan tingkat perilaku menyontek sedang sampai tinggi dan tingkat efikasi diri akademik rendah sampai sedang. Subjek ditempatkan secara random : 15 orang kelompok eksperimen (KE) dan 15 orang kelompok kontrol (KK). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Metode pengumpulan data menggunakan skala perilaku menyontek dan skala efikasi diri akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test dan paired sample t-test.Hasil analisis independent sample t-testmemperlihatkan koefisien t = -6,482 (p = 0,000). Hal ini menunjukkan ada perbedaan perilaku menyontek diantara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberi pelatihan efikasi diri akademik. Hasil analisis paired sample t-testdiperoleh t = 18,240 (p = 0,000). Hal ini menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan diantara perilaku menyontek pada siswa sebelum dan sesudah diberi pelatihan efikasi diri akademik. Dari data yang didapat maka disimpulkan bahwa pelatihan efikasi diri akademik efektif dalam menurunkan perilaku menyontek siswa. Kata kunci : pelatihan efikasi diri akademik, perilaku menyontek
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: | Dr. Rahma Widyana, M.Si, Psikolog (Pembimbing 1) Santi Esterlita Purnamasari M.Si, Psikolog (Pembimbing 2) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi |
Depositing User: | Magister Psikologi Profesi UMBY |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 05:43 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 05:43 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/2744 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |