Negara, Dwipa Satria (2018) EMOTION-FOCUSED COPING PADA PENDIDIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
|
Text
Skripsi BAB 1.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
Skripsi BAB 2.pdf Download (137kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Skripsi BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
|
![]() |
Text
Skripsi BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
![]() |
Text
Skripsi BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
![]() |
Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
|
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pendidik sekolah berkebutuhan khusus adalah pendidik yang bertugas untuk memberikan pembelajaran pada anak dengan keterbatasan pada dirinya. Pembelajaran yang diberikan berbeda dengan anak pada umumnya yang mengharuskan pendidik untuk tetap terjaga kondisi dirinya, namun tidak berarti pendidik dapat lepas begitu saja dari permasalahannya. Dalam menjaga kondisi tersebut pendidik pun harus bisa menyelesaikan atau menghadapi permasalahan tanpa menimbulkan pengaruh yang besar dalam dirinya. Respons yang diberikan adalah dengan menggunakan teknik Emotion-Focused Coping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Emotion-Focused Coping di kalangan para pendidik yang bertugas di sekolah luar biasa di SMPLB. Partisipan dalam penelitian berjumlah 2 orang yang menjadi partisipan utama. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi semi partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua partisipan penelitian menggunakan teknik Emotion-Focused Coping dalam menghadapi atau menyelesaikan permasalahan. Dalam penggunaan teknik Emotion-Focused Coping kedua partisipan tidak menggunakan aspek-aspek yang sama ketika menghadapi atau mengatasi permasalahannya, namun kedua partisipan menggunakan aspekaspek yang berbeda-beda berdasarkan kondisi permasalahan. Penggunaan teknik Emotion-Focused Coping tidak hanya dipengaruhi pada kondisi serta situasi permasalahan, tetapi juga pada faktor-faktor yang mendukung penggunaan teknik coping itu sendiri. Kata kunci: Emotion-Focused Coping, Pendidik Sekolah Luar Biasa, Anak Berkebutuhan Khusus, Coping
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: | Dr. Rahma Widyana, M.Si |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 21 May 2018 03:15 |
Last Modified: | 21 May 2018 03:15 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/2829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |