HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KETERAMPILAN MENGAJAR PADA GURU HONORER DI KABUPATEN KEBUMEN

Widodo, Rizka Adam (2018) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KETERAMPILAN MENGAJAR PADA GURU HONORER DI KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of COVER & LAMPIRAN.pdf] Text
COVER & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi
berprestasi dengan keterampilan mengajar pada guru honorer di Kabupaten
Kebumen. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan
yang positif antara motivasi berprestasi dengan keterampilan mengajar pada guru
honorer di Kabupaten Kebumen. Subjek dalam penelitian ini adalah guru honorer
di Kabupaten Kebumen baik laki-laki maupun perempuan sebanyak 43 orang.
Teknik pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive
sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala motivasi berprestasi dan skala
keterampilan mengajar. Hasil analisis dengan uji korelasi product moment
diperoleh rxy sebesar 0,761 dengan signifikasi 0,000 (p<0,050). Hal ini
menunjukkan adanya hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan
keterampilan mengajar pada guru honorer di Kabupaten Kebumen, sehingga
hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Koefisien determinasi (R2)
sebesar 0,579 yang artinya motivasi berprestasi ini mampu memberikan
sumbangan efektif sebesar 57,9 % terhadap keterampilan mengajar pada guru
honorer di Kabupaten Kebumen. Hal ini sekaligus menegaskan pengaruh variabel
lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 42,1 %.
Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Keterampilan Mengajar, Guru Honorer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Rahma Widyana, M.Si.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 24 May 2018 03:44
Last Modified: 18 Aug 2022 07:54
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/2855

Actions (login required)

View Item
View Item