PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIRTUAL DENGAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) PADA MATERI LUAS DAN VOLUME BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Yuliastuti, Puput (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIRTUAL DENGAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) PADA MATERI LUAS DAN VOLUME BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI ATAU TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Puput Yuliastuti: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Virtual dengan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Pada Materi Luas daan Volume Bangun Ruang Sisi Datar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Skripsi. Yogyakarta, Strata Satu, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis virtual dengan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) pada materi luas dan volume bangun ruang sisi datar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII yang berkualitas baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika dan mendeskripsikan seberapa baik kualitas media pembelajaran interaktif yang dihasilkan. Kriteria kualitas yang digunakan mengacu pada kriteria Nieveen, yaitu valid, praktis dan efektif. Materi yang dikembangkan adalah materi Luas dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model yang dikemukaan oleh Borg & Gall yang telah disederhanakan berdasarkan kebutuhan penelitian. Tahap-tahap yang dilalui sampai diperoleh media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif adalah analisis kebutuhan dan perumusan tujuan, desain/pengembangan produk, uji coba, revisi dan kajian produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah kevalidan media pembelajaran yang diperoleh dari penilaian ahli materi dan ahli media, kepraktisan media pembelajaran yang diperoleh dari penilaian siswa (uji lapangan), dan keefektifan yang diperoleh dari hasil tes belajar matematika siswa. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis virtual dengan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) yang berkualitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis dan efektif. Kata kunci : Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Virtual, RME (Realistic Mathematics Education), Hasil Belajar Matematika Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Nuryadi, S.Pd.Si., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 24 May 2018 03:48
Last Modified: 24 May 2018 03:48
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/2873

Actions (login required)

View Item View Item