PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIRTUAL PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI KEEFEKTIFAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 2

Putri, Anisa (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIRTUAL PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI KEEFEKTIFAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 2. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang memenuhi kualitas media dari aspek valid, praktis, dan efektif. Media yang dikembangkan adalah media pembelajaran berbasis virtual pada materi lingkaran untuk siswa SMP kelas VII semester 2 dengan menggunakan aplikasi adobe flash cs 5.5 Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, yaitu Analisys (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar penilaian media pembelajaran untuk ahli materi, ahli media dan siswa. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis virtual pada materi lingkaran ditinjau dari keefektifan hasil belajar siswa berupa aplikasi adobe flah untuk SMP kelas VIII Semester 2 dengan format “.exe”. Media tersebut telah dinyatakan valid oleh para ahli dengan mendapatkan skor masing-masing untuk ahli materi dan 68 kategori sangat baikdan untuk ahli media 73 kategori sangat baik. Lebih lanjut, media pembelajaran tersebut dinyatakan praktis berdasarkan hasil penilaian angket siswa dengan skor 2066 kategori sangat baik. sedangkan prosentase ketuntastan siswa terhadap keefektifan hasil belajar yaitu 100%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasi virtual yang dikembangkan telah layak untuk digunakan dan memenuhi kualitas media dari aspek valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Nuryadi, S.Pd, Si, M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 24 May 2018 03:48
Last Modified: 24 May 2018 03:48
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/2874

Actions (login required)

View Item View Item