PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5.5

Minarti, Minarti (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5.5. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB II.docx

Download (300kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
COVER - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

MINARTI: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Adobe Flash CS5.5. Skripsi. Yogyakarta, Strata Satu, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif matematika berbasis pendidikan karakter menggunakan adobe flash CS5.5 yang berkualiatas baik dan layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Kriteria kualitas yag digunakan mengacu pada kriteria Nieveen, yaitu valid, praktis, dan efektif. Materi yang dikembangkan adalah teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research). Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran matematika dengan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembabangan Borg dan Gall. Tahap-tahap pengembangan yang dilakukan adalah studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan draft, uji coba lapangan terbatas, revisi produk, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, dan peyebaran. Uji coba yang dilakukan meliputi uji coba ahli, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar. Uji coba lapangan dilakukan pada kelas VIIIB SMP Negeri 2 Godean. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar evaluasi ahli materi, lembar evaluasi ahli media, lembar respon siswa, dan tes evaluasi. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif matematika berbasis pendidikan karakter yang berkualitas dan layak. Media pembelajaran dinyatakan valid oleh ahli materi dan ahli media, hasil penilaian yang diperoleh dari ahli materi adalah 39 dengan keterangan “Baik”, sedangkan hasil yang diperoleh dari ahli media adalah 57 dengan keterangan “Baik” pula. Media pembelajaran dinyatakan praktis berdasarkan hasil respon siswa, hasil yang diperoleh pada uji kelompok kecil adalah 263 dengan keterangan “Baik”, sedangkan hasil yang diperoleh pada uji kelompok besar adalah 1339. Dari hasil tes evaluasi dipeoleh 93,55% siswa tuntas KKM dengan keterangan “Sangat Tinggi”, sehingga media pembelajaran masuk dalam kategori efektif. Dengan demikian maka, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan masuk dalam kategori valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Media Pembelajaraan Interaktif, Pendidikan Karakter, Adobe Flash CS5.5

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Nanang Khuzaini, S.Pd.,Si., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 24 May 2018 03:31
Last Modified: 24 May 2018 03:31
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/2876

Actions (login required)

View Item View Item