PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION GO A ROUND (INVESTIGASI KELOMPOK) TERHADAP PRESTASI DAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 IMOGIRI

Berek, Yohanes Sarmento (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION GO A ROUND (INVESTIGASI KELOMPOK) TERHADAP PRESTASI DAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 IMOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Yohanes Sarmento Berek: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Go A Round (Investigasi Kelompok) Terhadap Prestasi dan Minat Belajar siswa di SMAN 1 Imogiri. Skripsi. Strata Satu. Universitas Mercu Buana Yogyakarta. 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation go a round (investigasi kelompok) terhadap prestasi dan minat belajar siswa di SMAN 1 Imogiri. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dan desain penelitian ini yaitu pretest posttest control group design. Dalam penelitian ini, populasi ynag digunakan adalah siswa kelas X IPS yang terdiri dari tiga kelas yaitu X IPS 1, X IPS 2 dan X IPS 3 sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2. Adapun kelas eksperimen dalam penelitian ini yaitu kelas X IPS 2 dengan jumlah 29 siswa dan pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation go a round (investigasi kelompok) sedangkan kelas kontrol yaitu kelas X IPS 1 dengan jumlah 29 siswa dan pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. Untuk prestasi belajar siswa diukur dengan menggunakan instrumen tes dan untuk minat belajar siswa di ukur dengan menggunakan instrumen nontes (kuisioner). Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah paired sample t-test untuk mengetahui perbandingan rata-rata dua variabel dalam satu grup dan juga untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara dua variabel. Setelah mengetahui perbandingan dan pengaruh dari kedua variabel tersebut selanjutnya digunakan analisis T2 Hotteling’s guna mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation go a round (investigasi kelompok) dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan minat belajar. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kedua model pembelajaran tersebut berpengaruh terhadap prestasi dan minat belajar siswa bila digunakan dalam pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan sebagai langkah akhir yaitu menggunakan uji indenpendent sample t-test yang bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih berpengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation go a round dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan minat belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation go a round (investigasi kelompok) lebih berpengaruh terhadap prestasi dan minat belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe group investigation go a round (investigasi kelompok), prestasi, minat belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Heru Sukoco, S.Si., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 14 Aug 2018 09:12
Last Modified: 14 Aug 2018 09:12
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3214

Actions (login required)

View Item View Item