ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS 1 PADA MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERDASARKAN GAYA BELAJAR KOLB

Mahayati, Meta (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS 1 PADA MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERDASARKAN GAYA BELAJAR KOLB. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
COVER & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Meta Mahayati: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPS 1 pada Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berdasarkan Gaya Belajar Kolb. Skripsi. Yogyakarta, Strata Satu, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisa klasifikasi gaya belajar siswa berdasarkan gaya belajar Kolb dan deskripsi hasil analisa kemampuan pemecahan masalah siswa untuk setiap gaya belajar pada model pembelajaran Missouri Mathematics Project. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan mixed methods. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Imogiri tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data dengan angket gaya belajar Kolb, tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Seluruh siswa kelas XI IPS 1 diidentifikasi tipe gaya belajarnya dengan menggunakan angket gaya belajar Kolb. Data kemampuan pemecahan masalah dianalisis dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah kemudian dilakukan triangulasi dengan data hasil wawancara. Subjek wawancara terdiri dari 8 yang terbagi kedalam 2 siswa untuk masing-masing tipe gaya belajar. Analisis data kuantitatif dengan mengkategorikan gaya belajar. Analisis kualitatif dilakukan dengan tahap-tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gaya belajar Diverger paling banyak jumlahnya di kelas XI IPS 1; 2) Siswa dengan gaya belajar Konverger, Diverger dan Akomodator mampu memahami masalah, merencanakan langkah penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan menarik kesimpulan dengan baik. Siswa dengan gaya belajar Asimilator mampu melaksanakan tahap memahami masalah, merencanakan langkah penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian dengan baik, dan dinilai cukup dalam menarik kesimpulan. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Missouri Mathematics Project, Gaya Belajar Kolb

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Muhammad Irfan Rumasoreng,S.Pd.,M.Pd
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:11
Last Modified: 15 Aug 2018 07:11
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3259

Actions (login required)

View Item View Item