PROSES REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA YANG BEKERJA

Nurjanah, Rokhim Al (2018) PROSES REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA YANG BEKERJA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Regulasi diri penting dimiliki oleh individu yang menjalani peran ganda (bekerja sambil kuliah) untuk mengembangkan potensi diri yang dimiliki oleh individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami lebih mendalam bagaimana regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa yang bekerja. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Partisipan dalam penelitian dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan menentukan kriteria partisipan, yaitu individu yang bekerja full time dan berkuliah di sore/malam hari serta berusia antara 20-50 tahun Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang dan dilibatkan 4 orang informan. Hasil dari penelitian ini adalah keempat partisipan menggunakan semua tahap dalam proses regulasi diri dalam belajar meliputi, penetapan tujuan, perencanaan, motivasi diri, control atensi, monitor diri, mencari bantuan yang tepat dan evaluasi diri. Regulasi diri dalam belajar yang dilakukan oleh para partisipan dipengaruhi oleh karakteristik individu sehingga perilaku yang di tampilkan setiap partisipan berbeda. Ketiga partisipan dapat berhasil mencapai tujuan dalam melewati proses-proses regulasi diri dalam belajar tetapi satu partisipan belum dapat mencapai tujuan.
Kata kunci: regulasi diri dalam belajar, mahasiswa yang bekerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Metty Vera Sari, S.Psi., M.Si., Psikolog Angelina Dyah Arum S, S.Psi., M.Si., Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:19
Last Modified: 18 Aug 2022 07:04
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3679

Actions (login required)

View Item
View Item