PENGARUH MENDENGARKAN MUSIK JAZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Prastika, Prastika (2018) PENGARUH MENDENGARKAN MUSIK JAZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of COVER & LAMPIRAN.pdf] Text
COVER & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh mendengarkan musik jazz dengan motivasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan motivasi belajar siswa antara kelompok siswa yang diberikan perlakuan mendengarkan musik jazz (kelompok eksperimen) dengan kelompok siswa yang tidak diberikan perlakuan (kelompok kontrol), kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan mendengarkan musik jazz (kelompok eksperimen) memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang tidak mendapatkan perlakuan mendengarkan musik jazz (kelompok kontrol).Penelitian ini melibatkan 22 siswa SMK Muhammadiyah Kalibawang. Data dalam penelitian ini diungkap dengan metode skala motivasi belajar. Uji hipotesis menggunakan analisis Independent Sample T-test dan Paired Sample T-test Berdasarkan hasil Independent Sample T-test menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat motivasi belajar siswa antara siswa yang diberikan perlakuan mendengarkan musik jazz dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan mendengarkan musik jazz dengan koefisien perbedaan (nilai t) sebesar 3,067 dengan p= 0,006 (p<0,050). Kemudian dari hasil analisis Paired Sample T-test sebagai uji tambahan pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis kelompok eksperimen diperoleh t = -4,438 dengan p = 0,001 (p<0,050), artinya bahwa ada perbedaan anata skor motivasi belajar sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest). Sementara pada kelompok kontrol diperoleh hasil t = 0,263 dan p=0,798 (p>0,050) berarti tidak ada perbedaan skor motivasi belajar siswa sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan yaitu skor (posttest) motivasi belajar yang tidak diberikan perlakuan mendengarkan musiK jazz. Penelitian ini menunjukkan bahwa mendengarkan musik jazz dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dra. Indra Ratna Kusuma Wardani, M.Si
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 27 Aug 2018 09:10
Last Modified: 18 Aug 2022 07:14
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3765

Actions (login required)

View Item
View Item