Prastika, Prastika (2018) PENGARUH MENDENGARKAN MUSIK JAZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (426kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
|
![]() |
Text
COVER & LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (911kB) |
|
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh mendengarkan musik jazz dengan motivasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan motivasi belajar siswa antara kelompok siswa yang diberikan perlakuan mendengarkan musik jazz (kelompok eksperimen) dengan kelompok siswa yang tidak diberikan perlakuan (kelompok kontrol), kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan mendengarkan musik jazz (kelompok eksperimen) memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang tidak mendapatkan perlakuan mendengarkan musik jazz (kelompok kontrol).Penelitian ini melibatkan 22 siswa SMK Muhammadiyah Kalibawang. Data dalam penelitian ini diungkap dengan metode skala motivasi belajar. Uji hipotesis menggunakan analisis Independent Sample T-test dan Paired Sample T-test Berdasarkan hasil Independent Sample T-test menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat motivasi belajar siswa antara siswa yang diberikan perlakuan mendengarkan musik jazz dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan mendengarkan musik jazz dengan koefisien perbedaan (nilai t) sebesar 3,067 dengan p= 0,006 (p<0,050). Kemudian dari hasil analisis Paired Sample T-test sebagai uji tambahan pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis kelompok eksperimen diperoleh t = -4,438 dengan p = 0,001 (p<0,050), artinya bahwa ada perbedaan anata skor motivasi belajar sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest). Sementara pada kelompok kontrol diperoleh hasil t = 0,263 dan p=0,798 (p>0,050) berarti tidak ada perbedaan skor motivasi belajar siswa sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan yaitu skor (posttest) motivasi belajar yang tidak diberikan perlakuan mendengarkan musiK jazz. Penelitian ini menunjukkan bahwa mendengarkan musik jazz dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci: Motivasi Belajar, Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: | Dra. Indra Ratna Kusuma Wardani, M.Si |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 09:10 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 09:10 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3765 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |