EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP TO GROUP TERHADAP AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR

Yanti, Meitty Tri (2017) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP TO GROUP TERHADAP AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
cover dan halaman.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas pembelajaran matematika melalui meotde group to group terhadap aktivitas, motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sedayu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest control group design. Ada dua kelompok yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sedayu yang ada 7 kelas dan total jumlahnya adalah 224 siswa. Sedangkan sampelnya adalah kelas VIII F dan VIII G yang diambil berdasarkan rekomendasi guru mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Sedayu. Dalam hal ini, kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode group to group, sedangkan kelas VIII G sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Adapun instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas belajar, dan angket motivasi belajar. Untuk mengetahui perbedaan efektifitas penggunaan metode group to group dan metode konvensional digunakan uji manova, dan untuk melihat variabel yang lebih efektif terhadap aktivitas, motivasi, dan hasil belajar digunakan uji independent sample ttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas metode group to group dan metode konvensional terhadap aktivitas, motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sedayu. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa metode group to group efektifitasnya lebih baik terhadap aktivitas, motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sedayu. Kata kunci: aktivitas, motivasi, hasil belajar, dan group to group

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Nuryadi, S.Pd,.Si.,M.Pd
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 18 Aug 2017 07:29
Last Modified: 18 Aug 2017 07:29
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item