HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN EMPATI DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA

Maanary, Theofilia Helena Linsa (2018) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN EMPATI DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS FULL TEXT.pdf] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan empati dengan perilaku cyberbullying pada remaja. Hipotesis penelitian adalah 1) ada hubungan antara harga diri dan empati dengan perilaku cyberbullying pada remaja. 2) ada hubungan negatif antara harga diri dengan perilaku cyberbullying pada remaja. 3) ada hubungan antara empati dengan perilaku cyberbullying pada remaja. Sampel penelitian berjumlah 106 siswa SMK ‘X’. Pengumpulan data menggunakan skala. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama ada hubungan antara harga diri dan empati dengan perilaku cyberbullying pada remaja dengan koefisien korelasi sebesar 0,557 dan nilai p=0,000 (p<0,01). Ada hubungan negatif antara harga diri dengan perilaku cyberbullying pada remaja dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,516 dan p=0,000 (p<0,01). Ada hubungan antara empati dengan perilaku cyberbullying pada remaja dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,494 dan p=0,000 (p<0,01). Sumbangan efektif harga diri dan empati terhadap perilaku cyberbullying sebesar 31%, sedangkan sumbangan variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini sebesar 69%. Variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini antara lain pengalaman dengan bullying, kesepian, regulasi emosi, konformitas, perlakuan keluarga, iklim sekolah serta perkembangan dan penggunaan teknologi komunikasi.
Kata kunci: Harga Diri, Empati, Perilaku Cyberbullying.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Triana Noor Edwina DS., M.Si
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Magister Psikologi Sains UMBY
Date Deposited: 20 Sep 2018 05:30
Last Modified: 16 Aug 2022 05:09
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3945

Actions (login required)

View Item
View Item