UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN KEYAKINAN DIRI SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP N 4 YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Konda, Jemris Bara Komala (2018) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN KEYAKINAN DIRI SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP N 4 YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi dan keyakinan diri siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII A dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Peningkatan prestasi siswa dikelas dibuktikan dengan peningkatan presentase 35,2% menjadi 100% tuntas dari KKM (≥75) yang ditentukan sekolah, dengan menggunakan model pendekatan saintifik. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes evaluasi siklus I dengan prosentase sebesar 97.05% dan pada hasil tes evaluasi pada siklus II dengan prosentase sebesar 100% dengan kategori sangat meningkat. Hal ini juga dibuktikan dengan angket siswa dalam proses pembelajaran dikelas VII A yang telah peneliti lakukan dari siklus I nilai rata-rata 93,20 %, dan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika siswa dapat lebih yakin akan kemampuan dirinya, dan siswa aktif, kreatif dan mandiri. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik relatif konstan dalam pembelajaran matematika kelas VII A di SMP N 4 Yogyakarta. Kata Kunci : Pembelajaran saintifik, prestasi dan keyakinan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Nanang Khuzaini, S.Pd., Si., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 21 Feb 2019 10:09
Last Modified: 21 Feb 2019 10:09
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/4340

Actions (login required)

View Item View Item