KOMUNIKASI INTERPERSONAL DRIVER ONLINE GRABCAR DAN GOCAR DI YOGYAKARTA PADA TAHUN 2018 ( Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Komunikasi Interpersonal dalam Transportasi Online: Komunikasi Interpersonal Driver Online GrabCar dan GoCar di Yogyakarta pada Tahun 2018 )

Leander, Krishna (2018) KOMUNIKASI INTERPERSONAL DRIVER ONLINE GRABCAR DAN GOCAR DI YOGYAKARTA PADA TAHUN 2018 ( Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Komunikasi Interpersonal dalam Transportasi Online: Komunikasi Interpersonal Driver Online GrabCar dan GoCar di Yogyakarta pada Tahun 2018 ). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (788kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Profesi pengemudi daring (driver online) merupakan sebuah profesi baru disektor transportasi kendaraan roda empat. Di Yogyakarta perusahaan transportasi berbasis aplikasi online seperti Gocar dan Grabcar menjadi dominan kerena banyak diminati. Sering bertemunya driver online pada area yang sama saat menunggu order dari pengguna jasanya menyebabkan bermunculannya berbagai komunitas driver online di Yogyakarta, salah satunya adalah Paguyuban Harmol Ceria (PHC) yang berlokasi disebelah barat Hartono Mall, Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) Mengetahui Komunikasi Interpersonal paguyuban Harmoll Ceria sebagai driver online GrabCar dan GoCar di Yogyakarta dalam membangun nilai kekeluargaan antar sesama driver online yang sudah menjadi anggota maupun belum menjadi anggota PHC, (2) Mengetahui Komunikasi Interpersonal paguyuban Harmoll Ceria terhadap pengguna jasanya dalam membangun nilai-nilai profesionalitas dalam profesi sebagai driver online. Untuk membahas mengenai komunikasi interpersonal, penulis menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Hal ini didasari atas pokok penelitian adalah kajian tentang komunikasi interpersonal komunitas driver online khususnya di Yogyakarta. Pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan dan analisis dokumen. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa sikap keterbukaan, sikap mendukung, sikap positif, dan sikap kesetaraan driver online terhadap sesama pengemudi, terhadap penumpang maupun terhadap perusahaan jasa transportasi berbeda-beda yang dipengaruhi oleh berbagai hal termasuk tujuan komunikasi tersebut. Kata kunci: komunikasi interpersonal, driver online, kualitatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Didik Haryadi Santoso, S.Kom.I.,M.A , Kristina Andryani, S.Sos., M.I.Kom
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 21 Feb 2019 05:45
Last Modified: 21 Feb 2019 05:45
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/4642

Actions (login required)

View Item View Item