Pengaruh Mendengarkan Musik Gamelan Jawa Terhadap Stres Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa

Akhida, Fatika Ratna (2019) Pengaruh Mendengarkan Musik Gamelan Jawa Terhadap Stres Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa. Naskah Publikasi Prodi Psikologi.

[img] Text
naskah publikasi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah musik gamelan jawa dapat menurunkan stres mengerjakan skripsi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh pemberian musik gamelan jawa terhadap penurunan stres mengerjakan skripsi pada mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 5 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang sedang dalam proses mengerjakan skripsi. Skala Stres Mengerjakan Skripsi yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan aspek dari Hardjana. Musik gamelan jawa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Gending Mandulpati/Ladrang Agun-agun. Desain penelitian yang digunakan yaitu one pre-test post-test group design. Teknik analisis data yang digunakan analisis Wilcoxon Signed Ranks. Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks menunjukkan adanya perbedaan skor pretest dan skor posttest dengan nilai t = -2,032 dengan p = 0.042 (p < 0.050) yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan skor posttest, skor posttest lebih rendah daripada skor pretest yang berarti ada penurunan skor stres mengerjakan skripsi. Berdasarkan penjelasan tersebut, hal ini menunjukkan hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kata Kunci: Stres Mengerjakan Skripsi, Musik Gamelan Jawa.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: M. Wahyu Kuncoro, S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Stres Mengerjakan Skripsi, Musik Gamelan Jawa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 04 Mar 2019 08:14
Last Modified: 04 Mar 2019 08:14
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/4869

Actions (login required)

View Item View Item