PENGARUH PEMBERIAN PELATIHAN BERPIKIR POSITIF UNTUK MENURUNKAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Mas, Muhammad Nur Fauzi Bagus (2019) PENGARUH PEMBERIAN PELATIHAN BERPIKIR POSITIF UNTUK MENURUNKAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
MODUL PELATIHAN BERPIKIR POSITIF (MUHAMMAD NUR FAUZI BAGUS MAS).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pelatihan berpikir positif untuk mengurangi stres akademik pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan tingkat stres akademik mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta sebelum dan setelah diberi pelatihan berpikir positif. Subjek dalam penelitian ini mahasiswa Strata 1 di Universitas Mercu Buana Yogyakarta, berusia antara 18 - 24 tahun, memiliki skor pretest Skala Stres Akademik dalam kategori sedang hingga tinggi. Pengumpulan data menggunakan Skala Stres Akademik dari Sinha (2001) yang dimodifikas, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,916 dan Skala Berpikir Positif dari Lastari (2018) dengan koefisien reliabilitas 0,858. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil yang diperoleh, nilai Z sebesar --2.023 dengan p = 0,043 (p<0,05). Hasil pretest menunjukkan skor rata-rata stres akademik (Mean) sebesar 86.80 dengan deviasi standar sebesar 8.526. Hasil posttest menunjukkan skor rata-rata stres akademik (Mean) sebesar 69,60 dengan deviasi standar sebesar 18,663. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada tingkat stres akademik subjek sebelum dan setelah pelatihan berpikir positif diberikan. Hal ini menandakan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima. Kata Kunci: Pelatihan Berpikir Positif, Stres Akademik, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Kondang Budiyani, S.Psi., MA., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Berpikir Positif, Stres Akademik, Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 25 Mar 2019 06:57
Last Modified: 25 Mar 2019 06:57
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5002

Actions (login required)

View Item View Item