Judaniastuti, Tourmalina (2019) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI ULANGAN HARIAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN, PROVINSI D. I. YOGYAKARTA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (352kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
TESIS FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan motivasi belajar dengan kecemasan siswa dalam menghadapi ulangan harian. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Nasional Bantul tahun ajaran 2017/2018 dan sampel penelitian sebanyak 138 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi Product Moment dan analisis regresi berganda. Hipotesis 1 adalah ada hubungan negatif antara Regulasi Diri dalam Belajar dan Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ulangan Harian; Hipotesis 2 adalah ada hubungan negatif antara Motivasi Belajar dan Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ulangan Harian; Hipotesis 3 adalah ada hubungan antara Regulasi Diri dalam Belajar dan Motivasi Belajar dengan Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ulangan Harian. Hipotesis 1 diterima dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,257 dengan p < 0,01. Hipotesis kedua ditolak dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,383 dengan p < 0,01. Hipotesis ketiga diterima dengan nilai r = 0,532, p < 0.01 dengan nilai F sebesar 26,607. R square sebesar 0,283. Artinya, besar sumbangan efektif Regulasi Diri dalam Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ulangan Harian sebesar 28,3 %. Sedangkan, 71,7 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diukur dalam penelitian ini, salah satunya adalah prokrastinasi aktif. Kata kunci : regulasi diri dalam belajar, motivasi belajar, kecemasan siswa dalam menghadapi ulangan harian
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: | Dr. Triana Noor Edwina Dewayani Soeharto, M. Si., Psikolog |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains |
Depositing User: | Magister Psikologi Sains UMBY |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 09:41 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 09:41 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5044 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |