HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI ULANGAN HARIAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN, PROVINSI D. I. YOGYAKARTA

Judaniastuti, Tourmalina (2019) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI ULANGAN HARIAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN, PROVINSI D. I. YOGYAKARTA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan motivasi belajar dengan kecemasan siswa dalam menghadapi ulangan harian. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Nasional Bantul tahun ajaran 2017/2018 dan sampel penelitian sebanyak 138 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi Product Moment dan analisis regresi berganda. Hipotesis 1 adalah ada hubungan negatif antara Regulasi Diri dalam Belajar dan Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ulangan Harian; Hipotesis 2 adalah ada hubungan negatif antara Motivasi Belajar dan Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ulangan Harian; Hipotesis 3 adalah ada hubungan antara Regulasi Diri dalam Belajar dan Motivasi Belajar dengan Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ulangan Harian. Hipotesis 1 diterima dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,257 dengan p < 0,01. Hipotesis kedua ditolak dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,383 dengan p < 0,01. Hipotesis ketiga diterima dengan nilai r = 0,532, p < 0.01 dengan nilai F sebesar 26,607. R square sebesar 0,283. Artinya, besar sumbangan efektif Regulasi Diri dalam Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ulangan Harian sebesar 28,3 %. Sedangkan, 71,7 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diukur dalam penelitian ini, salah satunya adalah prokrastinasi aktif. Kata kunci : regulasi diri dalam belajar, motivasi belajar, kecemasan siswa dalam menghadapi ulangan harian

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Dr. Triana Noor Edwina Dewayani Soeharto, M. Si., Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Magister Psikologi Sains UMBY
Date Deposited: 02 Apr 2019 09:41
Last Modified: 02 Apr 2019 09:41
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5044

Actions (login required)

View Item View Item