DESIGNING A BILINGUAL COURSEBOOK FOR THE FIRST GRADERS OF ELEMENTARY SCHOOL

Mulyawati, Fenti Dwi (2017) DESIGNING A BILINGUAL COURSEBOOK FOR THE FIRST GRADERS OF ELEMENTARY SCHOOL. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)

Abstract

Peran buku pelajaran dalam proses belajar mengajar adalah penting. Ini memberi efek positif terhadap suasana kegiatan. Sayangnya, siswa kelas satu Sekolah Dasar (SD) Panggang, Sedayu, Bantul tidak memiliki buku pelajaran untuk mendukung mereka dalam belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui kebutuhan siswa kelas satu SD terhadap buku pelajaran dua bahasa; 2) untuk menyajikan buku pelajaran dua bahasa untuk siswa kelas satu SD; 3) untuk mengetahui kesesuaian buku bilingual yang dirancang untuk pengajaran bahasa Inggris kepada siswa kelas satu SD. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE sebagai metode. Partisipan penelitian adalah siswa kelas satu SD Panggang, Sedayu, Bantul. Prosedur penelitian terdiri dari sepuluh langkah. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara, analisis dokumen, dan kuesioner terbuka dari penilai; Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada siswa dan penilai yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dikategorikan sebagai visual dan read/write. Mereka juga sepakat bahwa buku pelajaran dua bahasa bisa membantu mereka untuk belajar bahasa Inggris dengan lebih baik. Buku pelajaran yang dirancang adalah buku pelajaran dua bahasa yang tata letaknya dirancang di dua sisi; sisi kiri menyajikan pelajaran dalam bahasa Inggris, sedangkan sisi kanan digunakan untuk versi bahasa Indonesia. Buku pelajaran ini terdiri dari 3 tema utama yang dijabarkan menjadi 4 bab di mana bab-babnya terdiri dari 10 bagian, yaitu kosa kata, pengucapan, membaca, menulis, berbicara, mendengarkan, permainan, menyanyikan sebuah lagu, mencocokkan, dan mewarnai. Untuk mengukur pencapaian siswa terhadap materi yang diberikan, buku pelajaran ini menyediakan bagian review; sementara untuk mendukung bagian pengucapan, menyanyikan sebuah lagu, dan latihan mendengarkan bisa menggunakan audio yang telah dirancang di dalam disk DVD. Buku pelajaran ini dianggap layak karena dievaluasi dengan membandingkan nilai pretest dan posttest siswa, penilaian ahli, dan Focus Group Discussion (FGD ). Mereka menyatakan bahwa buku pelajaran yang dirancang sesuai untuk mengajar bahasa Inggris ke siswa kelas satu SD karena mencakup kebutuhan siswa. Sementara dengan menerapkan buku pelajaran ini, ada peningkatan nilai dan perilaku siswa dalam belajar bahasa Inggris. Keyword: ADDIE, Buku pelajaran dua bahasa, Siswa Sekolah Dasar, Penelitian pengembangan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pendidikan Bahasa Inggris UMBY
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:18
Last Modified: 18 Sep 2017 04:18
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item