HUBUNGAN ANTARA PERSPECTIVE-TAKING DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA MADYA

Chotimah, Azyan Khusnul (2019) HUBUNGAN ANTARA PERSPECTIVE-TAKING DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA MADYA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
15081081_AZYAN kHUSNUL CHOTIMAH_SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
15081081_AZYAN kHUSNUL CHOTIMAH_SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Media sosial merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang memiliki dampak positif serta negatif bagi remaja.Salah satu dampak negatifnya adalah perilakucyberbullying. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara perspective-taking dengan perilaku cyberbullying pada remaja madya. Hipotesis penelitian ini adalah adanya hubungan negatif antara perspective-taking dengan perilaku cyberbullying pada remaja madya. Penelitian ini dilakukan pada 60 siswa SMA Negeri 2 Banguntapan, yang berusia 15-18 tahun dan aktif menggunakan media sosial.Alat ukur yang digunakan berupa skala perilaku cyberbullyingdan skala perspective-taking. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis product moment dari Pearson. Hasil koefisienperspective-taking dengan perilaku cyberbullying pada remaja madya sebesar (rxy) = - 0.374 yang berarti adanya hubungan negatif antaraperspective-taking dengan perilaku cyberbullying pada remaja madya. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa kontribusi perspectivetakingterhadap cyberbullying pada remaja madya memiliki sumbangan efektif sebesar 14% terhadap perilaku cyberbullying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Ratna Mustika H, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: cyberbullying, perspective-taking, remaja madya
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 25 Mar 2019 09:20
Last Modified: 25 Mar 2019 09:20
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5060

Actions (login required)

View Item View Item