HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR KRITIS DENGAN LITERASI INFORMASI PADA MAHASISWA DALAM MENGHADAPI HOAKS DI INSTAGRAM

Aryanti, Erva Desri (2019) HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR KRITIS DENGAN LITERASI INFORMASI PADA MAHASISWA DALAM MENGHADAPI HOAKS DI INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai media sosial dengan pengguna terbanyak kedua di Indonesia, instagram menjadi media bertukar informasi yang sangat ramai dan kompleks. Information overload, bias konfirmasi, dan bias popularitas menyebabkan mahasiswa sulit menentukan mana informasi yang akurat dan tidak akurat sehingga mudah termakan hoaks. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji secara empirik apakah hubungan antara berpikir kritis dengan literasi informasi pada mahasiswa dalam menghadapi hoaks di instagram. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara berpikir kritis dengan literasi informasi pada mahasiswa dalam menghadapi hoaks di instagram. Penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling yang melibatkan 91 mahasiswa pengguna aktif instagram dengan jumlah followers ≥1000 dan durasi penggunaan instagram per hari lebih dari 2 jam. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan teknik pearson correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara berpikir kritis dan literasi informasi dengan koefisen korelasi 0,632 (P=0,000) dan sumbangan efektif sebesar 40%. Maka, dapat menjadi individu yang information literate, mahasiswa sebagai pengguna aktif instagram harus dapat mempertahankan kemampuan berpikir kritisnya dengan cara tidak mudah percaya dengan informasi yang disebar di instagram begitu saja tanpa mempertanyakan terlebih dahulu dan mencari kebenaran dan kepastian informasi tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Sowanya Ardi Prahara, S.Psi., M.A., Nikmah Sofia Afiati, S.Psi, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Literasi Informasi, Mahasiswa, Hoaks, Instagram
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 25 Mar 2019 09:25
Last Modified: 25 Mar 2019 09:25
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5064

Actions (login required)

View Item View Item