STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF SEBAGAI BENTUK PENGUATAN RELASI PELANGGAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WATES KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Amborowati, Lely (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF SEBAGAI BENTUK PENGUATAN RELASI PELANGGAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WATES KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI_LELY AMBOROWATI_NIM. 15071015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan jasa sangat berkembang pesat ditengah masyarakat, khususnya pada bidang kesehatan salah satunya rumah sakit. Strategi Komunikasi Persuasif sebagai Bentuk Penguatan Relasi Pelanggan pada rumah sakit sangat diperlukan hal ini merupakan salah satu ketugasan dari seorang public relation, dalam membentuk maupun mempertahankan citra rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh petugas saat melakukan lobi dan negosiasi dalam penanganan keluhan pelanggan pada rumah sakit umum daerah wates untuk mencapai kesepakatan. Jenis penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) mengumpulkan data melalui wawancara, (2) observasi dilapangan terkhususnya dalam aktivitas lobi dan negosiasi, (3) Dokumentasi catatan peristiwa yang sudah berlalu untuk melengkapi data penelitian. (4) Analisis Data dengan cara membandingan antara teori, temuan dan analisis dari hasil temuan dilapangan, dan yang terakhir yaitu (5) menarik kesimpulan dari analisis kemudian memberikan saran atau rekomendasi. Setelah dilakukan tahapan demi tahapan dalam penelitian, maka diperoleh hasil bahwa Strategi lobi dan negosiasi yang dilakukan oleh RSUD Wates melalui beberapa tahapan yaitu Persiapan, Pembinaan Hubungan, Pengumpulan informasi, Penggunaan Informasi, Penawaran (bidding), Menutup Penawaran, Menerapkan Kesepakatan. Pentingnya kehadiran dan peran public relation dalam penanganan keluhan juga berperan sebagai fasilitator proses pemecahan masalah (problem solving process fasilitator), terlihat jajaran / TOP manajemen berperan juga sebagai public relation, yang mendukung dan membantu proses pemecahan masalah serta dalam menangani berbagai keluhan pelanggan di level berat, sehingga citra dan reputasi rumah sakit dapat terjaga dengan baik. Kata Kunci : Strategi, Lobi dan Negosiasi, RSUD Wates.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Rosalia Prismarini, S.Sos. M.A
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 04 Apr 2019 06:18
Last Modified: 04 Apr 2019 06:18
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5371

Actions (login required)

View Item View Item