HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI TERHADAP POLA ASUH AUTORITATIF DENGAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA

Lucia Penky, 16501017 (2019) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI TERHADAP POLA ASUH AUTORITATIF DENGAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (26kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text
COVER & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar pada siswa SMK “X” Yogyakarta; 2) hubungan antara persepsi terhadap pola asuh autoritatif dengan disiplin belajar pada siswa SMK “X” Yogyakarta; 3) hubungan antara motivasi belajar dan persepsi terhadap pola asuh autoritatif dengan disiplin belajar pada siswa SMK “X” Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 258 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumulkan data dalam penelitian ini menggunakan metode skala. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan regresi ganda. Hasil penelitian membuktikan terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan disiplin belajar pada siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,691 (p<0,01), semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi pula disiplin belajar siswa. Terdapat hubungan positif antara persepsi terhadap pola asuh autoritatif dengan disiplin belajar pada siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,360 (p<0,01), pola asuh autoritatif yang akan dipersepsikan anak tinggi maka disiplin belajar anak tinggi. Terdapat hubungan antara motivasi belajar dan persepsi terhadap pola asuh autoritatif secara simultan dengan disiplin belajar siswa, nilai r = 0,690 dengan R square (R2) sebesar 0,472 dan nilai F sebesar 116,052 (p<0,01). Sumbangan efektif motivasi belajar dan persepsi pola asuh autoritatif orangtua terhadap disiplin belajar sebesar 47,2%. Variabel lain sebesar 52,8% yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini antara lain faktor internal: faktor fisiologis (keadaan tonus jasmani, paancaindra), minat, intelegensi, memori, emosi; faktor eksternal antara lain faktor sosial (guru, teman-teman atau orang-orang di sekitar), faktor non sosial (keadaan udara, suhu, cuaca; waktu : pagi, siang, atau malam; tempat : letak dan pergedungannya; alat-alat atau perlengkapan belajar). Kata kunci: motivasi belajar, persepsi pola asuh autoritatif, disiplin belajar

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Dr. Triana Noor Edwina DS, M.Si
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Magister Psikologi Sains UMBY
Date Deposited: 04 Jul 2019 05:00
Last Modified: 04 Jul 2019 05:00
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5576

Actions (login required)

View Item View Item