HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI KEMATIAN PADA LANSIA DI BALAI REHSOS DHARMA PUTERA PURWOREJO "WILOSO WREDO"

Pratiwi, Dian (2017) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI KEMATIAN PADA LANSIA DI BALAI REHSOS DHARMA PUTERA PURWOREJO "WILOSO WREDO". Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[img] Text
Naskah Publikasi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan religiusitas dengan kecemasan menghadapi kematian pada lansia di Balai Rehsos Dharma Putera Purworejo “Wiloso Wredo”. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara religiusitas dengan kecemasan menghadapi kematian pada lansia di Balai Rehsos Dharma PuteraPurworejo “Wiloso Wredo”. Menggunakan metode kuantitatif, instrumen yang digunakan adalah skala religiusitas dan skala kecemasan menghadapi kematian pada lansia. Subjek penelitian adalah 34 lansia. Hasil analisis product moment menunjukan nilai F = -0,301 (p < 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa religiusitasdengan kecemasan menghadapi kematian pada lansia memiliki korelasi negatif yang signifikan. Hasil analisis uji koefisien determinasi menunjukan bahwa religiusitas memberikan sumbangan efektif terhadap kecemasan menghadapi kematian pada lansia sebesar 19%.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 27 Sep 2017 10:34
Last Modified: 27 Sep 2017 10:34
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item View Item