HUBUNGAN ANTARA EMPATI DENGAN CYBERBULLYING PADA REMAJA PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGEND : BANG-BANG (MLBB)

Ulinnuha, Muhammad (2019) HUBUNGAN ANTARA EMPATI DENGAN CYBERBULLYING PADA REMAJA PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGEND : BANG-BANG (MLBB). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara empati dengan cyberbullying pada remaja pemain game online mobile legend: bang-bang (MLBB). Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara empati dengan cyberbullying pada remaja pemain game online MLBB. Semakin tinggi empati yang dimiliki oleh remaja pemain game online MLBB maka kecenderungan perilaku cyberbullying yang dilakukan akan semakin rendah, dan sebaliknya. Subjek penelitian ini adalah remaja pemain game online MLBB, berumur 12-21 tahun sebanyak 98 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Cyberbullying dan Skala Empati. Metode analisis data yang digunakan adalah Pearson Correlation dengan program SPSS v.16. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar -0.442 dengan taraf signifikansi (p < 0.01). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang negatif antara empati dengan cyberbullying pada remaja pemain game online MLBB. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,19 menunjukkan bahwa empati memiliki kontribusi sebesar 19% terhadap perilaku cyberbullying pada remaja pemain game online MLBB, sedangkan sebanyak 81% perilaku tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Empati, Cyberbullying

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Empati, Cyberbullying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 03 Jan 2020 01:38
Last Modified: 03 Jan 2020 01:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5931

Actions (login required)

View Item View Item