HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA KURSUS DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN ADI TIARA

Kusuma, Maria Immaculata Murwantini (2017) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA KURSUS DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN ADI TIARA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DEPAN.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text
Bab 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
Bab 4 ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
Bab 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FULL TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara harga diri dan efikasi diri dengan motivasi belajar pada siswa pendidikan nonformal, yaitu peserta kursus di Lembaga Kursus dan Pelatihan Adi Tiara, Yogyakarta. Hipotesis penelitian ini adalah: 1) Ada hubungan positif antara harga diri dengan motivasi belajar pada siswa, 2) Ada hubungan positif antara efikasi diri dengan motivasi belajar pada siswa, dan 3) Ada hubungan antara harga diri dan efikasi diri dengan motivasi belajar pada siswa. Penelitian ini didesain sebagai penelitian asosiatif yaitu penelitian yang digunakan untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Metode pengumpulan datanya adalah metode skala, yang meliputi skala harga diri, efikasi diri dan motivasi belajar siswa. Skala tersebut dirancang sendiri oleh peneliti, dan 40 responden (seluruh populasi) tinggal memilih jawaban yang telah disediakan. Jawaban responden kemudian dianalisis dengan teknik statistik berupa analisis korelasi product moment dan regresi ganda. Hasil penelitian ini membuktikan tiga hipotesis tersebut, yakni:1) Harga diri memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan motivasi belajar, dengan koefisien korelasi 0,613 (p< 0,01),2) Efikasi diri memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan motivasi belajar, dengan koefisien korelasi 0,686 (p< 0,01), dan 3) Harga diri dan efikasi diri secara simultan memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar, yang dibuktikan melalui uji regresi ganda dengan koefisien korelasi R sebesar 0,841 (p < 0,05). Kata kunci: harga diri, efikasi diri, motivasi belajar, pendidikan nonformal

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Dr. Rahma Widyana, M.Si
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Magister Psikologi Sains UMBY
Date Deposited: 31 May 2017 10:00
Last Modified: 31 May 2017 10:00
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item View Item