Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa Sma “X”

Saputra, M. Rifai Fatris (2019) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa Sma “X”. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[img] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada siswa SMA “X”. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada siswa SMA “X”. Subjek penelitian sebanyak 50 orang. Pengambilan subjek menggunakan random sampling dengan data yang dikumpulkan menggunakan skala motivasi belajar dan skala kemandirian belajar. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment dengan program SPSS v.17. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai korelasi (rxy) sebesar 0.598 dengan p = 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada siswa kelas XI IPS SMA “X”. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,358 yang berarti kemandirian belajar memiliki kontribusi 35,8 % terhadap motivasi belajar dan sisanya 64,2 % dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti self efficacy dan tujuan (goals). Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:47
Last Modified: 03 Jan 2020 03:47
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6043

Actions (login required)

View Item View Item