KEJENUHAN BELAJAR DITINJAU DARI KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN

Pratiwi, Ema Rossyana (2019) KEJENUHAN BELAJAR DITINJAU DARI KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran IV HASIL ANALISIS DATA PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI PENUH)
15081052_Ema Rossyana Pratiwi_Kelas Reguler_Skripsi Full Text Kejenuhan belajar Ditinjau dari Karakteristik Kepribadian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kejenuhan belajar ditinjau dari karakteristik kepribadian. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan kejenuhan belajar ditinjau dari karakteristik kepribadian dimana individu dengan kepribadian intravert memiliki kejenuhan belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan individu yang memiliki kepribadian ekstravert. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa dengan kepribadian ekstravert dan 25 siswa dengan kepribadian intravert. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Kejenuhan Belajar dan alat tes MBTI. Hasil analisis Independent Sample T-Test, diperoleh hasil t=4.553 (p<0.050), berarti ada perbedaan yang signifikan antara Kejenuhan Belajar pada siswa yang memiliki kepribadian ekstravert dengan siswa yang memiliki kepribadian intravert. Kejenuhan belajar pada siswa yang memiliki kepribadian ekstravert lebih rendah (mean = 43.68) dibandingkan kejenuhan belajar pada siswa dengan kepribadian intravert (mean = 52.12). Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kejenuhan Belajar, Kepribadian, Ekstravert, Intravert
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2020 08:23
Last Modified: 07 Jan 2020 08:23
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6211

Actions (login required)

View Item View Item