Kejenuhan Belajar Ditinjau Dari Karakteristik Kepribadian

Pratiwi, Ema Rossyana (2019) Kejenuhan Belajar Ditinjau Dari Karakteristik Kepribadian. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[img] Text (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.doc

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kejenuhan belajar ditinjau dari karakteristik kepribadian. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan kejenuhan belajar ditinjau dari karakteristik kepribadian dimana individu dengan kepribadian intravert memiliki kejenuhan belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan individu yang memiliki kepribadian ekstravert. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa dengan kepribadian ekstravert dan 25 siswa dengan kepribadian intravert. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Kejenuhan Belajar dan alat tes MBTI. Hasil analisis Independent Sample T-Test, diperoleh hasil t=4.553 (p<0.050), berarti ada perbedaan yang signifikan antara Kejenuhan Belajar pada siswa yang memiliki kepribadian ekstravert dengan siswa yang memiliki kepribadian intravert. Kejenuhan belajar pada siswa yang memiliki kepribadian ekstravert lebih rendah (mean = 43.68) dibandingkan kejenuhan belajar pada siswa dengan kepribadian intravert (mean = 52.12). Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa hipotesis diterima. Kata kunci: KejenuhanBelajar, Kepribadian, Ekstravert, Intravert

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 08 Jan 2020 06:33
Last Modified: 08 Jan 2020 06:33
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6214

Actions (login required)

View Item View Item