Kejenuhan Belajar Ditinjau Dari Karakteristik Kepribadian

Pratiwi, Ema Rossyana (2019) Kejenuhan Belajar Ditinjau Dari Karakteristik Kepribadian. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.doc

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kejenuhan belajar
ditinjau dari karakteristik kepribadian. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian
ini adalah ada perbedaan kejenuhan belajar ditinjau dari karakteristik kepribadian
dimana individu dengan kepribadian intravert memiliki kejenuhan belajar yang
lebih tinggi dibandingkan dengan individu yang memiliki kepribadian ekstravert.
Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa
dengan kepribadian ekstravert dan 25 siswa dengan kepribadian intravert. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Kejenuhan Belajar
dan alat tes MBTI. Hasil analisis Independent Sample T-Test, diperoleh hasil
t=4.553 (p<0.050), berarti ada perbedaan yang signifikan antara Kejenuhan
Belajar pada siswa yang memiliki kepribadian ekstravert dengan siswa yang
memiliki kepribadian intravert. Kejenuhan belajar pada siswa yang memiliki
kepribadian ekstravert lebih rendah (mean = 43.68) dibandingkan kejenuhan
belajar pada siswa dengan kepribadian intravert (mean = 52.12). Berdasarkan
hasil penelitian menyatakan bahwa hipotesis diterima.
Kata kunci: KejenuhanBelajar, Kepribadian, Ekstravert, Intravert

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 08 Jan 2020 06:33
Last Modified: 08 Jan 2020 06:33
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6214

Actions (login required)

View Item
View Item