PELATIHAN ASERTIVITAS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA MAHASISWI DI ASRAMA “DD” KALIMANTAN BARAT DI YOGYAKARTA

Lestari, Wenty (2019) PELATIHAN ASERTIVITAS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA MAHASISWI DI ASRAMA “DD” KALIMANTAN BARAT DI YOGYAKARTA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelatihan asertivitas terhadap peningkatan kepercayaan diri pada mahasiswi Asrama “DD” Kalimantan Barat di Yogyakarta. Subjek penelitian berjumlah 10 orang mahasiswi yang memiliki kategori kepercayaan diri dan asertivitas rendah, terbagi dua kelompok yaitu eksperimen dan kontrol masing-masing lima subjek. Desain penelitian yang digunakan ialah pretest-posttest control group design, dengan analisis U-Mann Whitney dan analisis Wilcoxon Rank Test. Hasil analisis U-Mann Whitney menunjukkan perbedaan yang signifikan pada skor kepercayaan diri dan skor asertivitas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu kepercayaan diri (p=0,009 < 0,05) dan asertivitas (p=0,009 < 0,05). Hasil rata-rata subjek kepercayaan diri pada kelompok eksperimen (84.40) dan kelompok kontrol (74.20), dan nilai rata-rata subjek asertivitas pada kelompok eksperimen (102.20) dan kelompok kontrol (89.20). Hasil Wilcoxon Rank Test menunjukkan perbedaan signifikan pada skor kepercayaan diri dan skor asertivitas kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah diberikan pelatihan asertivitas, yaitu kepercayaan diri (p=0,043 < 0,05) dan asertivitas (p=0,043 < 0,05). Hasil didukung pada skor kepercayaan diri sebelum pelatihan (75.20) meningkat menjadi (84.40) setelah pelatihan asertivitas dan pada skor asertivitas sebelum pelatihan (92.40) meningkat menjadi (102.20) setelah pelatihan asertivitas. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pelatihan asertivitas dapat meningkatkan kepercayaan diri pada mahasiswi Asrama “DD” Kalimantan Barat di Yogyakarta. Kata kunci : Pelatihan asertivitas, kepercayaan diri

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan asertivitas, kepercayaan diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 19 Dec 2019 03:47
Last Modified: 19 Dec 2019 03:47
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6515

Actions (login required)

View Item View Item