PENGARUH PELATIHAN REGULASI EMOSI MENGHADAPI BULLYING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF PADA REMAJA KORBAN BULLYING

Gewalethala, Ursula (2019) PENGARUH PELATIHAN REGULASI EMOSI MENGHADAPI BULLYING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF PADA REMAJA KORBAN BULLYING. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan regulasi emosi menghadapi bullying terhadap peningkatan perilaku asertif pada remaja korban bullying. Subjek penelitian adalah 5 orang remaja korban bullying. Penelitian ini hanya ada kelompok eksperimen yang diambil dari hasil identifikasi korban bullying serta hasil pre test pada skala perilaku asertif dan skala regulasi emosi dalam kategori sedang dan rendah. Bentuk desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one group pre test – post test design. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa skala perilaku asertif, skala regulasi emosi, pertanyaan untuk mengidentifikasi korban bullying, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Rank Test untuk melihat perbedaan skor kelompok eksperimen antara sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan skor perilaku asertif pada kelompok eksperimen setelah diberikan pelatihan regulasi emosi menghadapi bullying dengan nilai Z sebesar – 2,060 (p<0,050) dengan mean post test (X ̅=76,80) lebih tinggi dari mean pre test (X ̅=64,40). Artinya perilaku asertif pada remaja korban bullying setelah pelatihan regulasi emosi menghadapi bullying lebih tinggi dibandingkan sebelum pelatihan regulasi emosi menghadapi bullying. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan regulasi emosi menghadapi bullying dapat meningkatkan perilaku asertif pada remaja korban bullying. Kata kunci: Pelatihan regulasi emosi menghadapi bullying, Perilaku asertif, Remaja korban bullying.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan regulasi emosi menghadapi bullying, Perilaku asertif, Remaja korban bullying.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:01
Last Modified: 19 Dec 2019 04:01
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6536

Actions (login required)

View Item View Item