Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemahaman Konsep Siswa

Ipaenin, Hariyati (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemahaman Konsep Siswa. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika.

[img] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (33kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; (2) untuk mengetahui apakah model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa; (3) untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) lebih berpengaruh daripada penerapan model pembelajaran konvesional terhadap kemampuann komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Sedayu Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sedayu yang terdiri dari tujuh kelas dan berjumlah 216 siswa. Sedangkan sampelnya diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas, yaitu kelas VII F dan kelas VII G. Dalam penelitian ini, kelas VII F berjumlah 30 siswa merupakan kelompok eksperimen yang diterapkan model pembelajaran TSTS dan kelas VII G berjumlah 30 siswa merupakan kelompok kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvesional. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan tes pemahaman konsep siswa. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran TSTS dan model pembelajaran konvesional digunakan uji manova, dan untuk melihat model pembelajaran mana yang lebih berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa digunakan uji independent-sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran TSTS berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; (2) model pembelajaran TSTS berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa; (3) penerapan model pembelajaran TSTS lebih berpengaruh daripada penerapan model pembelajaran konvesional terhadap kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa. Kata kunci: Komunikasi Matematis, Pemahaman Konsep, TSTS.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis, Pemahaman Konsep, TSTS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 03 Jan 2020 05:04
Last Modified: 03 Jan 2020 05:04
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6572

Actions (login required)

View Item View Item