Zubair, Agus Maemun (2019) PENGEMBANGAN COMICMATH BERBASIS PENDEKATAN SEJARAH INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DAN BERWAWASAN NASIONALIS. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text (BAB DUA)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
COVER DAN lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (SKRIPSI PENUH)
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Comicmath dengan Menggunakan Pendekatan Sejarah Indonesia sebagai upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika dan Berwawasan Nasopnalis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan diadaptasi Borg dan Gall. Peneltian ini menghasilkan media comicmath yang berkualitas layak. Dilihat dari kevalidan oleh ahli materi dan ahli media,medapatkan skor 4 hasil penilaian yang dengan keterangan “Baik” media pembelajaran dinyatakan layak dilihat dari kepraktisan berdasarkan hasil respon siswa kelas VIIC SMP Negeri 4 Yogyakarta, pada uji kelompok kecil diperoleh keterangan “Sangat Baik” dengan scor 5 sedangkan hasil yang diperoleh pada uji coba kelompok besar keterangan “Baik” dengan scor 4 dilihat dari kepraktisan. Dari hasil tes evaluasi diperoleh 100% siswa tuntas KKM dengan keterangan “Sangat Bagus” dilihat dari keefektifan. Dari hasil Angket minat siswa diperoleh keterangan “Cukup” dengan scor 3 sehingga media masuk dalam kategori mampu meningkatkan minat belajar matematika pada siswa, dan dari angket pengetahuan nasionalis siswa diperoleh keterangan “Baik” dengan skor 4 sehingga media pembelajaran masuk dalam kategori mampu menambah wawasan nasionalis siswa. dengan demikian maka hasil penelitian ini menunujukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan masuk dalam kategori Vallid, Praktis, Evektif, Meningkatkan Minat Belajar Matematika dan Menambah Nawasan Nasionalis Kunci: Comicmath, pendekatan sejarah Indonesia, minat belajar, wawasan nasionalis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Comicmath, pendekatan sejarah Indonesia, minat belajar, wawasan nasionalis |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 06:44 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 06:44 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6574 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |