PENGEMBANGAN COMICMATH BERBASIS PENDEKATAN SEJARAH INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DAN BERWAWASAN NASIONALIS

Zubair, Agus Maemun (2019) PENGEMBANGAN COMICMATH BERBASIS PENDEKATAN SEJARAH INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DAN BERWAWASAN NASIONALIS. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
COVER DAN lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI PENUH)
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Comicmath dengan Menggunakan Pendekatan Sejarah Indonesia sebagai upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika dan Berwawasan Nasopnalis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan diadaptasi Borg dan Gall. Peneltian ini menghasilkan media comicmath yang berkualitas layak. Dilihat dari kevalidan oleh ahli materi dan ahli media,medapatkan skor 4 hasil penilaian yang dengan keterangan “Baik” media pembelajaran dinyatakan layak dilihat dari kepraktisan berdasarkan hasil respon siswa kelas VIIC SMP Negeri 4 Yogyakarta, pada uji kelompok kecil diperoleh keterangan “Sangat Baik” dengan scor 5 sedangkan hasil yang diperoleh pada uji coba kelompok besar keterangan “Baik” dengan scor 4 dilihat dari kepraktisan. Dari hasil tes evaluasi diperoleh 100% siswa tuntas KKM dengan keterangan “Sangat Bagus” dilihat dari keefektifan. Dari hasil Angket minat siswa diperoleh keterangan “Cukup” dengan scor 3 sehingga media masuk dalam kategori mampu meningkatkan minat belajar matematika pada siswa, dan dari angket pengetahuan nasionalis siswa diperoleh keterangan “Baik” dengan skor 4 sehingga media pembelajaran masuk dalam kategori mampu menambah wawasan nasionalis siswa. dengan demikian maka hasil penelitian ini menunujukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan masuk dalam kategori Vallid, Praktis, Evektif, Meningkatkan Minat Belajar Matematika dan Menambah Nawasan Nasionalis Kunci: Comicmath, pendekatan sejarah Indonesia, minat belajar, wawasan nasionalis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Comicmath, pendekatan sejarah Indonesia, minat belajar, wawasan nasionalis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 30 Dec 2019 06:44
Last Modified: 30 Dec 2019 06:44
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6574

Actions (login required)

View Item View Item