PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Nurjanah, Ma’ani (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (305kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI PENUH)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kualitas bahan ajar yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika menggunakan aspek-aspek matematis pada tradisi pernikahan Yogyakarta untuk pembelajaran matematika kelas VIII SMP. Ada tiga aspek kualitas yang diteliti yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis etnomatematika pada materi statistika berupa LKS. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang meliputi lima tahap, yakni analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, etnomatematika, tradisi pernikahan Yogyakarta, statistika, kreativitas belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 30 Dec 2019 06:48
Last Modified: 30 Dec 2019 06:48
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6578

Actions (login required)

View Item View Item