PELATIHAN KECERDASAN EMOSI UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA SISWA KELAS XI BAHASA MAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Pratiwi, Dyah Ika (2017) PELATIHAN KECERDASAN EMOSI UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA SISWA KELAS XI BAHASA MAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of TESIS FULL TEXT.pdf] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kecerdasan
emosi terhadap penurunan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa.
Hipotesis yang diajukan yaitu pelatihan kecerdasan emosi dapat menurunkan
kecemasan berbicara di depan umum pada siswa. Subjek penelitian sebanyak 20
orang dengan tingkat kecerdasan emosi rendah sampai dengan sedang dan tingkat
kecemasan berbicara di depan umum sedang sampai dengan tinggi. Subjek
ditempatkan secara random: 10 orang kelompok eksperimen (KE) dan 10 orang
kelompok kontrol (KK). Kelompok eksperimen (KE) memperoleh perlakuan
berupa pelatihan kecerdasan emosi. Kelompok kontrol (KK) tidak mendapatkan
perlakuan selama eksperimen berlangsung, tetapi akan mendapatkan pelatihan
tersebut setelah eksperimen selesai (waiting list). Teknik analisis data yang
digunakan adalah independent sample t-test dan paired sample t-test . Hasil
analisis independent sample t-test memperlihatkan koefisien t = - 2,781 (p =
0,012). Hal ini menunjukkan ada perbedaan kecemasan berbicara di depan umum
antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis paired sample
t-test diperoleh t = 6,198 (p < 0,01). Hal ini menunjukkan ada perbedaan yang
signifikan antara kecemasan berbicara di depan umum pada siswa sebelum dan
setelah diberi pelatihan kecerdasan emosi. Dari data yang didapat maka dapat
disimpulkan bahwa pelatihan kecerdasan emosi cukup efektif untuk menurunkan
kecemasan berbicara di depan umum.
Kata kunci: Pelatihan Kecerdasan Emosi, Kecemasan Berbicara di depan umum

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Rahma Widyana,M.Si.,Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 28 Sep 2017 10:46
Last Modified: 16 Aug 2022 08:03
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/678

Actions (login required)

View Item
View Item