PELATIHAN KECERDASAN EMOSI UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA SISWA KELAS XI BAHASA MAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Pratiwi, Dyah Ika (2017) PELATIHAN KECERDASAN EMOSI UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA SISWA KELAS XI BAHASA MAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kecerdasan emosi terhadap penurunan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa. Hipotesis yang diajukan yaitu pelatihan kecerdasan emosi dapat menurunkan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa. Subjek penelitian sebanyak 20 orang dengan tingkat kecerdasan emosi rendah sampai dengan sedang dan tingkat kecemasan berbicara di depan umum sedang sampai dengan tinggi. Subjek ditempatkan secara random: 10 orang kelompok eksperimen (KE) dan 10 orang kelompok kontrol (KK). Kelompok eksperimen (KE) memperoleh perlakuan berupa pelatihan kecerdasan emosi. Kelompok kontrol (KK) tidak mendapatkan perlakuan selama eksperimen berlangsung, tetapi akan mendapatkan pelatihan tersebut setelah eksperimen selesai (waiting list). Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test dan paired sample t-test . Hasil analisis independent sample t-test memperlihatkan koefisien t = - 2,781 (p = 0,012). Hal ini menunjukkan ada perbedaan kecemasan berbicara di depan umum antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis paired sample t-test diperoleh t = 6,198 (p < 0,01). Hal ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kecemasan berbicara di depan umum pada siswa sebelum dan setelah diberi pelatihan kecerdasan emosi. Dari data yang didapat maka dapat disimpulkan bahwa pelatihan kecerdasan emosi cukup efektif untuk menurunkan kecemasan berbicara di depan umum. Kata kunci: Pelatihan Kecerdasan Emosi, Kecemasan Berbicara di depan umum

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Dr. Rahma Widyana,M.Si.,Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 28 Sep 2017 10:46
Last Modified: 28 Sep 2017 10:46
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/678

Actions (login required)

View Item View Item