Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Team’s Game Tournment (Tgt) Berbasis Android Ditinajau Dari Motivasi Belajar Siswa

Tyasana, Rezza Yudha (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Team’s Game Tournment (Tgt) Berbasis Android Ditinajau Dari Motivasi Belajar Siswa. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika.

[img] Text
Rezza Yudha Tyasana_15141001_jurnal.docx

Download (69kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran matematika menggunakan metode TGT berbasis android yang berkualitas baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika dan mendeskripsikan seberapa baik kualitas media pembelajaran yang dihasilkan. Kriteria yang digunakan mengacu pada kriteria Nieveen, yaitu valid, praktis dan efektif. Materi yang dituangkan dalam media pembelajaran adalah materi segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian & pengembangan. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun tahapan pengembangan media pembelajaran berbasis android yaitu: (1) Analysis: menganalisis kebutuhan dan materi; (2) Design: membuat rancangan produk; (3) Development: mengembangkan produk; (4) Implementation: uji coba lapangan; (5) Evaluation: menganalisis data yang diperoleh. Uji coba media dilakukan pada kelas VII C SMP Negeri 2 Godean. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran matematika yang dikembangkan memenuhi aspek valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Pengembangan media, android, Team’s Game Tournament, Motivasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 22 Oct 2019 02:36
Last Modified: 22 Oct 2019 02:36
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7079

Actions (login required)

View Item View Item