PENGARUH MATHEMATICS SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMP PGRI KASIHAN

Ate, Hendrikus Mikku (2019) PENGARUH MATHEMATICS SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMP PGRI KASIHAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi Full Text] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh Mathematics Self Efficacy terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII A SMP PGRI Kasihan. Skripsi. Strata satu. Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta. 2019.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Mathematics self efficacy terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII A SMP PGRI Kasihan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP PGRI Kasihan kelas VIII A yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan self efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII A SMP PGRI Kasihan, dengan diperoleh fhitung = 385,685 > ftabel = 4.20 dengan p = 0,00 < 0,05 dan thitung = 19.639 > ttabel = 1.701 dengan p = 0,00 < 0,05. Artinya semakin tinggi self efficacy maka semakin tinggi prestasi belajar matematika siswa. Demikian juga sebaliknya semakin rendah self efficacy maka semakin rendah prestasi belajar matematika siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII A SMP PGRI Kasihan akan memberikan wawasan dan pandangan bagi guru, orang tua, dan sekolah dalam mewujudkan peningkatan keyakinan diri dan semangat siswa dalam belajar yang lebih baik.
Kata kunci: Mathematics self efficacy, Prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mathematics self efficacy, Prestasi belajar matematika.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 22 Oct 2019 02:17
Last Modified: 22 Oct 2019 02:17
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7091

Actions (login required)

View Item
View Item