PENGARUH PELATIHAN MENULIS EKSPRESIF TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Nurhasanah, Nurhasanah (2019) PENGARUH PELATIHAN MENULIS EKSPRESIF TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat stres antara
kelompok yang diberikan pelatihan menulis ekspresif dengan kelompok yang
tidak diberikan pelatihan menulis ekspresif pada mahasiswa tingkat akhir. Subjek
penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana
Yogyakarta sebanyak 14 mahasiswa dengan tingkat stres sedang, tinggi dan
sangat tinggi. Subjek terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol dengan masing-masing 7 subjek. Pengumpulan data penelitian
menggunakan Skala Stres yang disusun berdasarkan aspek stres menurut Hardjana
(1994). Metode analisis yang digunakan adalah analisis independent sample t-test.
Hasil posttest menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok
eksperimen dengan kelompok kontrol (t = -3,679 dengan p=0,003) dimana stres
mahasiswa yang mendapat pelatihan menulis ekspresif (KE) lebih rendah
dibanding yang tidak mendapat pelatihan (KK) dengan mean kelompok
eksperimen = 58,14 dan mean kelompok kontrol = 99,43.
Kata Kunci : stres, menulis ekspresif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: stres, menulis ekspresif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 05 Dec 2019 06:07
Last Modified: 05 Dec 2019 06:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7233

Actions (login required)

View Item
View Item