PENGARUH PELATIHAN MENULIS EKSPRESIF TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Nurhasanah, Nurhasanah (2019) PENGARUH PELATIHAN MENULIS EKSPRESIF TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat stres antara kelompok yang diberikan pelatihan menulis ekspresif dengan kelompok yang tidak diberikan pelatihan menulis ekspresif pada mahasiswa tingkat akhir. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta sebanyak 14 mahasiswa dengan tingkat stres sedang, tinggi dan sangat tinggi. Subjek terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing 7 subjek. Pengumpulan data penelitian menggunakan Skala Stres yang disusun berdasarkan aspek stres menurut Hardjana (1994). Metode analisis yang digunakan adalah analisis independent sample t-test. Hasil posttest menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol (t = -3,679 dengan p=0,003) dimana stres mahasiswa yang mendapat pelatihan menulis ekspresif (KE) lebih rendah dibanding yang tidak mendapat pelatihan (KK) dengan mean kelompok eksperimen = 58,14 dan mean kelompok kontrol = 99,43. Kata Kunci : stres, menulis ekspresif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: stres, menulis ekspresif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 05 Dec 2019 06:07
Last Modified: 05 Dec 2019 06:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7233

Actions (login required)

View Item View Item