Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Produk Kosmetik Pada Mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Saputri, Desi Dwi (2019) Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Produk Kosmetik Pada Mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[img] Text (Naskah Publikasi Program Studi Psikologi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif produk kosmetik pada mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif antara konformitas dengan perilaku konsumtif produk kosmetik pada mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang berusia 18 tahun sampai 21 tahun dan pernah membeli produk kosmetik yang berjumlah 72 mahasiswi. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu Skala Konformitas dan Skala Perilaku Konsumtif Produk Kosmetik. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik korelasi product moment. Hasil koefisien korelasi (rxy) = 0,402 (p < 0,01). Hasil tersebut menunjukan bahwa ada hubungan yang positif antara konformitas dengan perilaku konsumtif produk kosmetik pada mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa kontribusi konformitas terhadap perilaku konsumtif produk kosmetik pada mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta memiliki sumbangan efektif sebesar 16,2% dan 83,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : konformitas, perilaku konsumtif produk kosmetik

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 05 Dec 2019 04:22
Last Modified: 05 Dec 2019 04:22
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7245

Actions (login required)

View Item View Item