Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Efikasi Diri Akademik Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Yang Tinggal Di Pondok Pesantren

Friantika, Dani (2019) Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Efikasi Diri Akademik Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Yang Tinggal Di Pondok Pesantren. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[img] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.doc

Download (155kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri akademik dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren, ada hubungan positif antara efikasi diri akademik dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren sebanyak 83 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kesejahteraan psikologis, skala dukungan sosial teman sebaya dan skala efikasi diri akademik. Hasil analsis korelasi parsial didapat korelasi antara dukungan sosial teman sebaya dengan kesejahteraan psikologis dimana efikasi diri akademik dikendalikan (dikontrol) adalah 0, 362 dengan taraf signifikansi 0,002 p < 0,05. Hal ini menunjukan hipotesisi diterima dan terjadi hubungan yang lemah antara dukungan sosial teman sebaya dengan kesejahteraan psikologis jika efikasi diri akademik dikendalikan (dikontrol), sedangkan arah hubungan adalah positif karena nilai r positif artinya semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka semakin tinggi kesejahteraan psikologis pada tingkat efikasi diri akademik tertentu. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa hasil kontribusi dukungan sosial teman sebaya terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren memiliki sumbangan efektif sebesar 48, 6% terhadap kesejahteraan psikologis. hasil analsis korelasi parsial didapat korelasi antara efikasi diri akademik dengan kesejahteraan psikologis dimana dukungan sosial teman sebaya dikendalikan (dikontrol) adalah 0,479 dengan taraf signifikansi 0,002 p < 0,05. Hal ini menunjukan hipotesisi diterima dan terjadi hubungan yang sedang antara efikasi diri akademik dengan kesejahteraan psikologis jika dukungan sosial teman sebaya dikendalikan (dikontrol), sedangkan arah hubungan adalah positif karena nilai r positif artinya semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka semakin tinggi kesejahteraan psikologis pada tingkat dukungan sosial teman sebaya tertentu. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa hasil kontribusi efikasi diri akademik terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren memiliki sumbangan efektif sebesar 61,0 % terhadap kesejahteraan psikologis. Kata Kunci : Dukungan sosial teman sebaya, efikasi diri akademik, kesejahteraan psikologis.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 11 Dec 2019 06:50
Last Modified: 11 Dec 2019 06:50
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7286

Actions (login required)

View Item View Item