PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LMS MOODLE DITINJAU DARI COGNITIVE LOADS THEORY

Putra, Alfret Ade (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LMS MOODLE DITINJAU DARI COGNITIVE LOADS THEORY. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LMS MOODLE DITUNJAU DARI COGNITIVE LOADS THEO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis LMS Moodle ditinjau dari Cognitive Loads Theory. Skripsi, Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Pengembangan E-learning ini didasari oleh perkembangan IPTEK sebagai sumber daya pemenuhan kompetensi inti dalam kurikulum 2013 yang mana mempermudah siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian R&D yang ditinjau dari cognitive loads theory dengan model pengembangan Borg & Gall. Adapun langkah-langkah tersebut yaitu: Penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, pengembangan produk awal, uji lapangan awal yang melibatkan 4 siswa, revisi hasil uji lapangan awal, uji lapangan lebih luas melibatkan 8 siswa, revisi uji lapangan, uji kelayakan yang melibatkan 32 siswa, dan revisi hasil kelayakan Subjek uji coba dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mlati, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi saat uji coba, kemudian data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Tanggapan ahli media memperoleh skor rata-rata 3,91. Sedangkan tanggapan dari ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,60 menunjukkan e-learning berbasis moodle layak dari segi media dan layak dari segi materi. Hasil belajar pada uji pelaksanaan lapangan menunjukkan bahwa seluruh siswa kelas VIII C persentase ketuntasan kelas berada diatas 86%. Hasil angket tanggapan siswa pada uji coba skala kecil dan skala besar menunjukkan bahwa mayoritas siswa memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan media e-learning berbasis LMS Moodle. Produk final e-learning berbasis LMS Moodle berisi materi, link video, link ppt, kuis, artikel seputar matematika pola bilangan, chat dan forum diskusi. Dengan demikian, dari hasil uji pelaksanaan lapangan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa E-learning berbasis LMS Moodle pembelajaran matematika bagi siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Mlati, dengan materi “pola bilangan” sudah layak sebagai salah satu sumber belajar baik secara individu maupun kelompok. Kata kunci: Pengembangan E-learning, LMS Moodle, Cognitive Loads Theory Matematika, Pola Bilangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan E-learning, LMS Moodle, Cognitive Loads Theory Matematika, Pola Bilangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 17 Dec 2019 01:38
Last Modified: 17 Dec 2019 01:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7298

Actions (login required)

View Item View Item