Pendidikan Matematika Berbasis Etnomatematika Di Era 4.0

Nuryadi, Nuryadi (2019) Pendidikan Matematika Berbasis Etnomatematika Di Era 4.0. Seminar Nasional “Strategi & Implementasi Pendidikan Karakter Pada Era Revolusi Industri 4.0.

[img]
Preview
Text (Artikel Pendidikan Matematika Berbasis Etnomatematika Di Era 4.0)
artikel_nuryadi_semnas_2019.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan matematika di era abad 21 dan di era Revolusi Industri 4.0 berorientasi pada mathematics literacy yaitu kamampuan individu dalam mengidentifikasi dan memahami peran matematika dalam kehidupan, agar mampu membuat keputusan dengan tepat dan memanfaatkan matematika dalam kehidupan sebagai warga negara yang membangun, peduli, dan reflektif (OECD, 2003:19). National Council of Teacher of Mathematics (NTCM) (2000: 11) menyatakan bahwa terdapat enam prinsip matematika sekolah, yaitu (1) keadilan, (2) Kurikulum, (3) Mengajar, (4) Pembelajaran, (5) Penilaian, dan (6) Teknologi. Terkait dengn teknologi, NCTM menyatakan bahwa “technology is essential in teaching and learning mathematics, it influences the mathematics that is taught and enhances student’s learning”. Posisi teknologi dalam pembelajaran matematika sangat esensial karena mempengaruhi matematika yang diajarkan dan meningkatkan kualitas belajar siswa. Sehingga pembelajaran matematika diharapkan lebih menekankan pada aspek keterampilan dan pembentukan sikap (skill and attitude).

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Biro Administrasi, Umum dan Keuangan UMBY
Date Deposited: 03 Jan 2020 01:33
Last Modified: 03 Jan 2020 01:33
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7418

Actions (login required)

View Item View Item