Penanda, Putri Sinta (2019) HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN CLASSROOM INCIVILITY PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB DUA)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (281kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (SKRIPSI PENUH)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Classroom incivility merupakan setiap tindakan atau perilaku yang mengganggu lingkungan belajar yang harmonis dan kooperatif dalam ruang kelas. Perilaku classroom incivility ini tidak menutup kemungkinan dilakukan juga oleh mahasiswa di lingkungan kelasnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dengan classroom incivility pada mahasiswa. Hipotesis penelitian ini adalah adanya hubungan negatif antara kematangan emosi dengan perilaku classroom incivility pada mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada 98 mahasiswa, yang berusia 18-25 tahun dan terdaftar aktif kuliah di universitas. Alat ukur yang digunakan berupa skala classroom incivility dan skala kematangan emosi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis product moment dari Pearson. Hasil koefisien kematangan emosi dengan classroom incivility pada mahasiswa sebesar (rxy) = - 0.266 yang berarti adanya hubungan negatif antara kematangan emosi dengan perilaku classroom incivility pada mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyatakan bahwa hipotesis diterima. Variabel kematangan emosi dalam penelitian ini memberikan sumbangan efektif sebesar 7,1% terhadap tingkat classroom incivility pada mahasiswa, dan sisanya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Classroom Incivility, Kematangan Emosi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 07:06 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 07:06 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7433 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |