Hubungan Antara Persepsi Beban Kerja Dengan Burnout Pada Perawat Rumah Sakit Permata Bunda Di Purwodadi

Arrahman, Dhamar Ridha (2020) Hubungan Antara Persepsi Beban Kerja Dengan Burnout Pada Perawat Rumah Sakit Permata Bunda Di Purwodadi. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[img] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (50kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi beban kerja dengan burnout pada perawat Rumah Sakit Permata Bunda di Purwodadi. Di dalam penelitian ini terdapat hipotesis dua arah, yaitu semakin positif beban kerja maka semakin rendah burnout pada perawat, sebaliknya semakin negatif beban kerja maka semakin tinggi burnout pada perawat. Subjek penelitian adalah perawat Rumah Sakit Permata Bunda di Purwodadi sebanyak 60 subjek. Pengambilan subjek menggunakan sampling purporsive dengan data yang dikumpulkan menggunakan Skala Persepsi Beban Kerja dan Skala Burnout. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai korelasi product moment (pearson correlation) sebesar -0.651 (p<0.000) artinya terdapat hubungan antara variabel persepsi beban kerja dengan burnout, sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan koefisien determinasi (R²) yaitu sebesar 0.424, hal tersebut menunjukkan bahwa variabel persepsi beban kerja memberikan sumbangan efektif sebesar 42.4% terhadap variabel burnout dan sisanya 57.6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti ambiguitas, konflik peran, dan dukungan dari keluarga atau rekan kerja. Kata kunci: persepsi beban kerja, burnout, perawat

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: persepsi beban kerja, burnout, perawat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 03 Mar 2020 06:42
Last Modified: 03 Mar 2020 06:42
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7831

Actions (login required)

View Item View Item