KOMUNIKASI PEMASARAN PT. MEDIA TRIBUN YOGYA (Studi Deskriptif Pada Surat Kabar Harian Tribun Jogja dalam Membangun Brand Image di Masyarakat Yogyakarta Tahun 2014)

Bawono, Andhika Dian (2017) KOMUNIKASI PEMASARAN PT. MEDIA TRIBUN YOGYA (Studi Deskriptif Pada Surat Kabar Harian Tribun Jogja dalam Membangun Brand Image di Masyarakat Yogyakarta Tahun 2014). Naskah Publikasi Prodi Ilmu Komunikasi.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)

Abstract

ABSTRAKSI Brand image merupakan salah satu komponen penting dalam aktivitas pemasaran sebuah perusahaan atau produk. Tribun Jogja sebagai perusahaan media yang baru hadir di Yogyakarta harus mampu membangun brand image di masyarakat untuk dapat memenangkan kompetisi surat kabar di Yogyakarta. Langkah-langkah dari kegiatan komunikasi pemasaran harian Tribun Jogja dalam membangun brand image di masyarakat Yogyakarta akan menjadi tujuan dari penelitian ini. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap keseluruhan kegiatan komunikasi pemasaran dari harian Tribun Jogja dalam membangun brand image untuk memenangkan kompetisi surat kabar di Yogyakarta. Objek dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran terpadu dari Tribun Jogja dalam membangun brand image kepada masyarakat Yogyakarta pada tahun 2014. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, ataupun observasi langsung. Dalam membangun brand image, Tribun Jogja menggunakan strategi promosi untuk membentuk image positif di benak masyarakat Yogyakarta. Strategi promosi tersebut dilakukan melalui promosi penjualan dan promosi merek. Masing-masing strategi tersebut mempunyai tujuan dan sasaran yang berbeda-beda. Promosi penjualan lebih bertujuan untuk meningkatkan angka penjualan dari Harian Tribun Jogja, sedangkan strategi promosi merek dilakukan dengan tujuan untuk membangun keterikatan merek Tribun Jogja dengan masyarakat. Kata kunci: brand image; komunikasi pemasaran; promosi; surat kabar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 05 Oct 2017 04:35
Last Modified: 05 Oct 2017 04:35
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/790

Actions (login required)

View Item View Item