Widodo, Arief Setyo (2020) ANALISA POLA PEMBELIAN DI “KEDAI BANG YHOGA’S” MENGGUNAKAN METODE APRIORI. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
|
Text (ABSTRAK)
Skripsi - Abstract.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (BAB SATU)
Skripsi - BAB I.pdf Download (74kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB DUA)
Skripsi - BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB TIGA)
Skripsi - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (870kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB EMPAT)
Skripsi - BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB LIMA)
Skripsi - BAB V.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Skripsi - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Skripsi - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (SKRIPSI LENGKAP)
Full Text - Skripsi - Analisa Pola Pembelian di Kedai Bang Yhoga's Menggunakan Metode Apriori.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
![]() |
Archive (DATA)
FOLDER DATA.rar Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
![]() |
Archive (MASTER)
Master Tools Weka.rar Restricted to Repository staff only Download (42MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam persaingan dunia bisnis sekarang ini, menuntut para pelakunya untuk senantiasa mengembangkan bisnis mereka dan juga agar selalu bertahan dalam persaingan. Kedai Bang Yhoga’s termasuk kedai baru yang masih berusia 6 bulan. Namun, setiap harinya kedai tersebut cukup ramai dikunjungi oleh konsumen terutama kalangan mahasiswa. Banyaknya persaingan bisnis serta penjualan yang kurang stabil, mengharuskan pemilik kedai untuk mengatur startegi pemasaran dan promosi dengan baik agar kedai dapat mempertahankan eksistensinya di mata konsumen. Untuk mencapai hal itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu dengan meningkatkan kualitas produk, dan pemanfaatan data transaksi. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut salah satu cara yang dapat dilakukan yakni dengan menganalisa data transaksi penjualan. Penelitian ini mengaplikasikan metode algoritma apriori untuk membantu pemilik usaha Kedai Bang Yhoga’s dalam mengatasi permasalahan dan untuk memperoleh rekomendasi daftar menu (item) melalui aplikasi Weka. Untuk membuktikan sinkronisasi perthitungn dari Weka dilakukan perhtungan manual dari beberapa sample data transaksi. Hasil analisis data transaksi penjualan pada apliasi Weka, menunjukan bahwa dari 58 item menu yang disajikan, ada beberapa item menu yang memiliki item dengan frekuensi tinggi. Item tersebut dapat digunakan sebagai acuan pemilik usaha sebagai perimbangan dalam menyusun menu pada kedai serta dapat digunakan sebagai acuan dalam mengkombinakasikan dengan item yang memiliki frekuensi rendah. Berdasarkan hasil yang di peroleh dapat disimpulkan, setelah dilakukan analisa pada pola transaksi penjualan dengan algoritma apriori, didapatkan 50 hasil kombinasi item yang memiliki nilai confidence minimal 90%. Dari 58 display item dalam penentuan pola pembelian dan frekuensi item terbaik, dihasilkan 30 rekomendasi display item pada menu Kedai Bang Yhoga’s.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | algoritma apriori, data mining, itemsets, kedai Bang Yhoga’s, weka |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Sistem Informasi |
Depositing User: | Sistem Informasi UMBY |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 05:28 |
Last Modified: | 29 Dec 2021 05:28 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8281 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |