Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik Di TK Safa Islamic Preshool Mengunakan Metode Simple Addtive Weighting (SAW)

Parani, Abd Razak M (2020) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik Di TK Safa Islamic Preshool Mengunakan Metode Simple Addtive Weighting (SAW). Naskah Publikasi Program Studi Informatika.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (273kB)

Abstract

Guru adalah orang yang mendidik, mengadakan pengajaran, memberi bimbingan, menambahkan pelatihan fisik atau non fisik, memberikan penilaian, dan melakukan evaluasi berkala berkaitan dengan satu ilmu atau lebih kepada seluruh peserta didik. Untuk itu pihak sekolah sangat teliti dalam penyeleksian pemilihan guru, khususnya di sekolah TK Safa Islamic Preschool. Untuk membantu pihak sekolah menentukan guru terbaik maka perlu adanya suatu system pendukung keputusan. Salah satu metode yang digunakan adalah metode Simple Additive Weighting (SAW), metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam pemilihan guru terbaik berdasarkan kriteria yang ditentukan. Ada 4 kriteria yang digunakan untuk perhitungan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, terpilih 3 guru terbaik yaitu Ari pada tahun 2017, Wening pada tahun 2018 dan Winda pada tahun 2019. Dari 3 kali pengujian diperoleh hasil kesesuaian antara data dengan sistem sebesar 100%, 85% dan 64%. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan unjuk kerja sistem sebesar 83%.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Guru, Pemilihan Guru Terbaik, Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting (SAW)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Teknik Informatika UMBY
Date Deposited: 29 Dec 2021 05:15
Last Modified: 21 Jan 2022 04:58
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8306

Actions (login required)

View Item View Item