Pengaruh Pelatihan Efikasi Diri Akademik Terhadap Penurunan Stres Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Arifin, Syamsul (2020) Pengaruh Pelatihan Efikasi Diri Akademik Terhadap Penurunan Stres Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pelatihan efikasi diri akademik untuk menurunkan stres akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan stres akademik antara sebelum dan setelah diberikan pelatihan efikasi diri akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang yang merupakan mahasiswa Strata 1 Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta, memiliki skor pretest Skala Stres Akademik dalam kategori sedang hingga tinggi dan dipilih berdasarkan hasil screening dengan Skala Stres Akademik. Pengumpulan data menggunakan Skala Stres Akademik dari Mas (2019), dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,916 dan Skala Efikasi Diri Akademik dari Setyaningrum (2018) dengan koefisien reliabilitas 0,914. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil yang diperoleh, nilai Z sebesar -2.371 dengan p = 0,018 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada tingkat stres akademik subjek sebelum dan setelah pelatihan efikasi diri akademik diberikan. Hal ini berarti hipotesis pada penelitian ini diterima.

Kata Kunci: Pelatihan Efiksi Diri Akademik, Stres Akademik.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 04 Mar 2020 05:47
Last Modified: 04 Mar 2020 05:47
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8323

Actions (login required)

View Item
View Item