Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Perilaku Membolos Pada Siswa Sma

Permatasari, Ratna Intan (2020) Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Perilaku Membolos Pada Siswa Sma. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[img] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (49kB)

Abstract

Motivasi Belajar siswa yang tinggi dapat memberikan dampak positif bagi siswa tersebut seperti akan mendapatkan tambahan nilai dari guru. Namun, apabila siswa memiliki motivasi belajar yang rendah akan berdampak negatif pada siswa itu sendiri. Salah satu dampak negatif atau permasalahan yang muncul dan dilakukan oleh siswa SMA yang memiliki motivasi yang rendah yaitu perilaku membolos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan perilaku membolos pada siswa SMA. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara motivasi belajar dengan perilaku membolos pada siswa SMA. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dengan rentang usia 15-17 tahun. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 135 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar dan skala bentuk-bentuk perilaku membolos. Hasil analisis product moment untuk varibel motivasi belajar dan perilaku membolos menunjukkan (rxy) = -0.650 (p <0,050) yang berarti bahwa hipotesis ada hubungan negatif antara motivasi belajar dengan perilaku membolos pada siswa SMA diterima. Besar sumbangan motivasi belajar dengan perilaku membolos pada siswa sebesar 42.3% dan sisanya sebanyak 57.7% memiliki hubungan dengan faktor lain. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Perilaku Membolos, Siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Perilaku Membolos, Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 16 Mar 2020 02:13
Last Modified: 16 Mar 2020 02:13
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8463

Actions (login required)

View Item View Item