PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR BAHASA INGGRIS DI SMP BUDI UTAMA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS

Prihantoro, Satrio Sugeng (2017) PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR BAHASA INGGRIS DI SMP BUDI UTAMA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Strategi belajar bahasa merupakan salah satu faktor utama yang menjadi penentu keberhasilah pembelajaran bahasa asing maupun bahasa kedua (Oxford, 2003). Penelitian Rubin dan Stern (dalam Wu, Lin fang, 2013) menunjukkan bahwa pembelajar bahasa kedua maupun bahasa asing yang dianggap berhasil, lebih banyak menggunakan strategi belajar daripada pembelajar bahasa yang tidak berhasil. Penelitian betujuan mengungkapkan perbedaan penggunaan strategi belajar bahasa Inggris dengan gaya belajar dan hubungan antara penggunaan strategi belajar dengan tingkat motivasi belajar Bahasa Inggris. Pengukuran penggunaan strategi belajar Bahasa Inggris, gaya belajar dan motivasi Bahasa Inggris dilakukan pada 140 siswa SMP Budi Utama. Alat yang akan digunakan untuk mengukur mengacu pada Strategy Inventory of Language Learning [SILL; Oxford, 1990]. Perceptual Learning Styles Preference Questionnare [PLSPQ; Reid,1984] dan English Language Learner Motivation Scale [ELLMS; Ardasheva, Tong dan Tretter, 2012]. Hasil analisis Anova Dua Jalur menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan strategi belajar berdasarkan preferensi gaya belajarnya. Analisis korelasi Karl Pearson menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara tingkat motivasi belajar Bahasa Inggris dengan penggunaan strategi belajar Bahasa Inggris pada siswa-siswi SMP Budi Utama Kata Kunci: Gaya Belajar, Motivasi Belajar Bahasa, Strategi Belajar Bahasa.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Dr. Rahma Widyana, M.Si
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Magister Psikologi Sains UMBY
Date Deposited: 06 Nov 2017 09:58
Last Modified: 06 Nov 2017 09:58
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/951

Actions (login required)

View Item View Item